Visi
Visi SMP Negeri 1 Cipanas yaitu “Terwujudnya Mutu Lulusan yang Berkarakter, Maju, Sehat dan Sejahtera”
Visi dan Indikator
Visi | Indikator |
---|---|
Berkarakter |
|
Maju |
|
Sehat |
|
Sejahtera |
|
Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
Rumusan Misi SMP Negeri 1 Cipanas
- Mewujudkan warga sekolah yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mewujudkan lulusan yang berkarakter Pancasila
- Mewujudkan profesionalisme pendidik dan tenaga pendidikan
- Mewujudkan sekolah yang memberikan pelayanan prima
- Mewujudkan sekolah yang sehat dan ramah lingkungan
- Mewujudkan sekolah yang bebas dari serangan Covid-19
- Mewujudkan sekolah yang bebas dari peredaran narkoba
- Mewujudkan sekolah yang kondusif dan ramah anak
- Mewujudkan warga sekolah yang,kreatif, inovatif dan produktif
- Mewujudkan sekolah yang terdepan dalam penerapan teknologi, informasi dan komunikasi
Indikator Misi Sekolah SMP Negeri 1 Cipanas adalah:
- Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
- Mengembangkan sikap toleransi antara umat beragama
- Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter Pancasila yang meliputi beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, berpikir kritis dan kreatif.
- Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga pendidik sesuai dengan kompetensinya
- Meningkatkan kualitas pelayanan bagi guru, peserta didik, orang tua/ wali, dan masyarakat
- Meningkatkan kerjasama antara sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait
- Menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah yaitu meliputi memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi
- Melaksanakan program vaksinasi nasional bersama seluruh warga sekolah
- Memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid -19 dengan mengikuti kebijakan pemerintah terkait pembelajaran di masa pasca pandemi Covid-19
- Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kondisi pandemi Covid-19
- Menutup semua akses peredaran narkoba di lingkungan sekolah dan sekitarnya
- Mengembangkan pembelajaran yang kodusif dan ramah anak
- Mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif
- Meningkatkan wirausaha sekolah dalam kegiatan koperasi sekolah
- Melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi, infromasi dan komunikasi.
- Mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi, informasi dan komunikasi
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 1 Cipanas sebagai bentuk dalam mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan sebagai berikut:
Tujuan secara umum
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia
- Sekolah mampu memfasilitasi peserta didik untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing;
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter Pancasila;
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang kritis terhadap persoalan, kreatif dalam berpikir, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik (4C);
- Sekolah mampu memutus mata rantai penyebaran Covid- 19
- Sekolah mampu mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sesuai pandemic Covid-19;
- Sekolah mampu mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang sesuai dengan pasca pandemic Covid-19;
- Sekolah mampu mempertahankan mutu sekolah melalui akreditasi nasional dengan nilai A;
- Sekolah mampu mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif;
- Sekolah mampu memberikan ruang kreatif bagi peserta didik untuk berpikir, berucap, bertindak dan mengambil keputusan secara cerdas;
- Sekolah mampu menciptakan situasi yang kondusif dalam mengembangkan budaya literasi;
- Sekolah mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis IT;
- Sekolah mampu mengembangkan penilaian pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
- Sekolah mampu menyusun pedoman penilaian yang memperhatikan kemampuan berpikir tingkat tinggi;
- Sekolah mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan beretos kerja, tangguh, profesional, dan memiliki kompetensi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
- Sekolah mampu memfasilitasi sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir, dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
- Sekolah mampu melaksanakan pengelolaan sekolah secara terarah dan sistematis;
- Sekolah mampu menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah yang kokohdan manajemen sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
- Sekolah mampu menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan wawasan wiyata mandala dalam mendukung pencapaian prestasi tingkat nasional;
- Sekolah mampu menyelenggarakan proses pendidikan sesuai dengan anggaran pembiayaan yang memadai, wajar, transparan dan akuntabel sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
- Sekolah mampu mengembangkan kemampuan dan bakat peserta didik dibidang akademik dan nonakademik sehingga berprestasi sampai tingkat nasional.
Berdasarkan uraian tujuan secara umum sebagai penjabaran dari visi dan misi, agar memudahkan evaluasi ketercapaian tujuan, maka perlu ditetapkan tujuan dalam jangka pendek , menengah dan jangka panjang.
Tujuan jangka Pendek ( 1 tahun )
- Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
- Mendorong peserta didik untuk mampu mengkreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
- Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mngreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
- Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis projek yang mnegedepankan jiwa kegotong-royongan
Tujuan Jangka Menengah (3 Tahun)
- Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
- Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
- Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
- Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong – royongan.
- Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
Tujuan jangka Panjang
- Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
- Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman.
- Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
- Mempunyai karakter yang sopan, santun ,mandiri dan kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman.
- Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
- Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan SMP Negeri 1 Cipanas menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :
- Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang sekolah
- Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.
- Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinaspendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.
- Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler,ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung,dll untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah
- Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.
- Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan denganmelihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, pelajar, orang tua dan komite sekolah).
- Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
- Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
- Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.